Ini Dia 3 Obat Batuk Herbal Paling Mujarab
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

Ini Dia 3 Obat Batuk Herbal Paling Mujarab

Tuesday, January 15, 2019


Pernahkah anda merasakan betapa susahnya saat sedang mengalami sakit batuk?
Batuk merupakan penyakit yang paling menyiksa. Biasanya batuk ini dibarengi dengan demam, pusing, mual. Penyakit batuk ini tergolong penyakit musiman yang hampir setiap tahun orang akan mengalaminya terutama saat sedang cuaca ekstrim dan kekebalan tubuh kita berkurang. Biasanya saat sedang sakit batuk, orang akan langsung meminum obat-obatan kimia yang didapat dari dokter maupun dari apotek. Namun, tahukah anda jika obat herbal bisa menyembuhkan lebih cepat dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Berikut beberapa obat herbal penyembuh batuk yang paling mujarab menurut pengalaman saya pribadi.

1. Jahe

Jahe adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi. Untuk penggunaan sebagai obat, bisa dengan cara memarut jahe lalu menyaringnya sebanyak satu sendok makan, lalu minum langsung atau juga bisa dicampur dengan madu untuk mengurangi rasa pedas jahe.

2. Jeruk Nipis & Kecap

Untuk membuat ramuan dari jeruk nipis dan kecap, anda bisa memeras jeruk nipis sebanyak satu sendok makan dan campurkan kecap sebanyak satu atau dua tetes, aduk hingga merata dan minum.


3. Kencur

Untuk ramuan dari kencur, anda bisa memarut kencur yang sudah dicuci terlebih dahulu tentunya. Parut kencur sebanyak dua atau tiga potong kencur, lalu peras dan saring kedalam gelas dan tambahkan air hangat dan sedikit madu. Anda bisa membuat ramuan kencur ini dalam satu atau setengah gelas saja. Minum ramuan ini selagi hangat agar bisa melegakan tenggorokan atau dada yang gatal akibat batuk.


Kesimpulan yang dapat saya rangkum adalah, tidak ada salahnya anda mencoba ramuan herbal yang tidak memiliki efek samping terlebih dahulu ketimbang meminum obat-obatan kimia yang tentunya sangat beresiko dan mempunyai efek samping. Obat herbal sendiri sudah dikenal ratusan bahkan ribuan tahun lalu oleh nenek moyang kita, ditambah Indonesia adalah salah satu negara penghasil rempah dan segala jenis obat herbal yang terkenal akan keampuhannya dalam menangani berbagai macam penyakit. Sekian dari saya semoga artikel ini bermanfaat. :)